header-int

Sejarah FITK

Posted by : Administrator
Share

Fakultas Ilmu dan Teknolgi Kebumian Universitas Halu Oleo merupakan fakultas pertama di Provinsi Sulawesi Tenggara yang berorientasi pada pengelolaan dan pengembangan sumber daya kebumian. Sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah Provinsi Sulawesi Tenggara dituntut untuk memiliki sumber daya manusia yang dapat mengelolah potensi daerah dengan sebaik-baiknya.

Cikal bakal pendirian Fakultas Ilmu dan Teknolgi Kebumian berawal pada pembentukan konsentrasi kebumian yang bernaung di bawah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembukaan konsentrasi ini dimaksudkan untuk mempersiapkan pembentukan program studi guna menyiapkan lulusan yang menguasai ilmu kebumian, khususnya sektor pertambangan yang merupakan potensi andalan daerah Sulawesi Tenggara. Pada tanggal 28 Maret 2011, Gubernur Sulawesi Tenggara memberikan rekomendasi Nomor 421.4/1084 tentang pendirian Program Geofisika, Geologi, Geografi, Teknik Pertambangan, dan Sosial Ekonomi Pengelolaan Tambang di UHO yang akan mengarah pada pembentukan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian.

Pada Tahun 2013 berdasarkan Surat Penugasan (mandat) penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 677/E.E2/DT/2013 tanggal 18 Juli 2013. Surat penugasan ini ditindaklanjuti dengan izin operasional penyelenggaraan program studi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 865a/UN29/PP/2013 tangga 23 Juli 2013 tentang Penetapan Penyelenggaraan Program Studi Mandat di Lingkungan Universitas Halu Oleo. Diantara program studi tersebut adalah Program Studi Teknik Geofisika, Teknik Geologi, Geografi, Teknik Pertambangan yang berada di bawah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UHO.

Penempatan keempat program studi kebumian pada Jurusan Fisika didasari oleh alasan yang sangat mendasar yaitu karena motor penggerak berdirinya keempat program studi tersebut berasal dari para dosen di Jurusan Fisika yang mempunyai spesifikasi keahlian di bidang ilmu-ilmu kebumian. Seiring dengan pertumbuhan dan minat maka pengelolaan keempat program studi tersebut selanjutnya dioptimalkan dalam bentuk fakultas tersendiri yaitu Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian yang selanjutnya disingkat FITK, berdasarkan Surat Keputusan Rektor UHO Nomor 2145a/SK/UN29/PP/2014.

UMK Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian
Universitas Halu Oleo
© 2021 FITK UHO Follow FITK UHO : Facebook Twitter Linked Youtube